BPJSKes Sosialisasi ke Desa Persatuan

banner 468x60

hariancentral.com | Tanjungbalai – Dalam rangka memberi kemudahan dalam mengakses layanan kepada peserta maupun calon peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai melakukan sosialisasi JKN-KIS dan Mobile Customer Service (MCS) bagi masyarakat terutama di daerah sulit akses informasi. Sosialisasi tersebut salah satunya di laksanakan di Desa Persatuan, Kecamatan Pulau Rakyat, Kabupaten Asahan, Rabu (17/02).

Desa Persatuan berjarak kurang lebih tiga jam dari BPJS Kesehatan Kantor Kabupaten Asahan, dan tergolong sulit mendapat akses informasi dikarenakan tempat yang terpencil dengan jalan tanpa aspal dan jauh dari jalan raya.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Kepala Puskesmas Ofa Padang Mahondang, Robin yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi layanan MCS oleh BPJS Kesehatan.

“Masyarakat disini tergolong sulit akses ke kantor BPJS Kesehatan. Memang sekarang ada Mobile JKN, namun karena keterbatasan ekonomi dan kendala jaringan internet membuat masyarakat kesulitan mengakses layanan JKN-KIS. Tadi masyarakat ada yang ganti data yang salah seperti nama dan tanggal lahir serta banyak juga yang pindah fasilitas kesehatan. Intinya sangat membantulah (MCS) ini,” ungkap Robin seusai kegiatan.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai, Aswan Fakhrizal mengungkapkan bahwa kegiatan serupa akan diadakan di 11 tempat yang merupakan daerah sulit akses di Kabupaten Asahan.

“Hari ini hari pertama. Sesuai dengan surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, sosialisasi selanjutnya akan dilaksanakan di 11 Desa di Kabupaten Asahan dan kebanyakan memang yang sulit akses informasi,” ungkap Aswan.

Aswan menambahkan bahwa kegiatan tersebut mendapat antusias dari warga Desa Persatuan yang memiliki akses yang sulit untuk mencapai Kantor BPJS Kesehatan. “Masyarakat banyak yang masih awam tentang JKN-KIS karena mayoritas pekerja lepas dan jarang memanfaatkan JKN-KIS. Namun mereka sangat antusias,” imbuh Aswan.

Salah seorang peserta, Sariyem, bersyukur atas informasi dan layanan perubahan data peserta yang diperolehnya.

“Tadi saya ingin ganti Puskesmas, karena yang sebelumnya jauh dari rumah. Sekarang ada Puskesmas pemekaran jadi saya pindah ke sana. Kami tidak sempat ke kantor (BPJS Kesehatan) dan tidak tahu caranya, untung saja BPJS Kesehatan ke sini. Selain itu ada informasi tentang cara menggunakan kartu dan mendaftar jadi peserta (JKN-KIS),” tutur peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) tersebut. (Putra)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *