Minun Sitorus Bersyukur Miliki BPJS Kesehatan

banner 468x60

hariancentral.com | Tanjungbalai – Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia tak terkecuali peserta dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI). Menurut data BPJS Kesehatan per awal Maret 2021, sejumlah 275.840 jiwa peserta PBI di Kabupaten Asahan, dibiayai dari APBD pemerintah pusat. Salah satu peserta segmen tersebut adalah Minun Sitorus (59) yang merasa beruntung telah memanfaatkan JKN-KISnya. Ditemui ketika menghadiri sosialisasi JKN-KIS di Desa Gonting Malaha, Kabupaten Asahan (23/02), Minun bersedia membagikan ceritanya kepada tim Jamkesnews.

“Dua tahun lalu, karena kami jarang masak, jadi teralu sering makan mie instan. Setelah itu mulailah sering mual, muntah dan sakit di lambung,” tutur ayah lima anak tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Pada akhir tahun 2019, keadaanya yang kian memburuk mengharuskan Minun untuk menjalani opname di rumah sakit. “Akhir tahun 2019 lalu, sakit lambung saya semakin menyiksa, sampai jungkir balik. Ambulance menjemput saya yang sudah pingsan waktu itu untuk dirawat di RSUD H. Abdul Manan Simatupang di Kisaran, sekitar 2,5 jam dari rumah dengan jalan yang begini (berbatu dan berlumpur),” imbuh Minun.

Minun pun mengapresiasi pelayananan kesehatan yang diterimanya. “Beryukur sekali ada BPJS (JKN-KIS) ini karena kami mendapat pelayanan yang baik dan cepat. Saya sampai di rumah sakit langsung dapat kamar. Ruangannya pun bagus walaupun rame. Tiga hari dirawat inap di rumah sakit, kami juga tidak bayar biaya apapun termasuk obat-obatan,” ungkap pria yang kesehariannya bekerja sebagai petani tersebut.

Sejak kejadian tersebut, Minun pun berusaha untuk hidup sehat agar kejadian yang sama tidak terulang. “Karena kejadian itu ya sesuai anjuran dokter, saya berusaha hidup sehat menghindari pemicu-pemicunya seperti merokok dan terlalu banyak minum kopi. Selain itu saya juga berusaha makan makanan yang sehat dan tepat waktu,” tutup Minun. (Putra)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *