Sakit Telinga anak Sembuh dengan Perobatan JKN KIS

banner 468x60

hariancentral.com | Tanjungbalai, ~  Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia tak terkecuali peserta dari segmen Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu. Dari data BPJS Kesehatan per awal Maret 2021 terdapat 275.840 jiwa peserta PBI di Kabupaten Asahan yang dibiayai dari APBD pemerintah pusat salah satunya Jumini (42). Ditemui saat mengikuti kegiatan sosialisasi di Balai Desa Gonting Malaha, Kabupaten Asahan (23/02), Jumini bersedia membagikan pengalamannya memanfaatkan JKN-KIS untuk sang anak.

Tiga tahun yang lalu sang anak merasakan nyeri di telinga sebelah kiri.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Awalnya ya anak saya pas dia TK (taman kanak-kanak) sakit di telinga telinga kirinya. Kami pikir hanya bisul biasa. Lama-lama besar dan kata anak saya semakin sakit sampai sering menangis. Sampai dia tidak bisa lagi mendengar karena bengkak yang menutup lubang telinganya,” tutur Jumini.

Kepanikan sebagai orang tua sempat dirasakan Jumini lantaran kemungkinan tumor yang diderita sang anak dan kemungkinan biaya pengobatan yang mahal.

“Akhirnya kami cek juga ke dokter dan setelah discan, kata dokter ini kemungkinan tumor jika bengkaknya dibiarkan. Ya kami cemaslah. Kasian anak kami masih kecil dan belum lagi memikirikan biayanya,” imbuh ibu dua anak tersebut.

Namun akhirnya Jumini merasa tenang ketika ingat bahwa seluruh anggota keluarganya sudah terdaftar JKN-KIS sehingga sang anak mendapat penanganan medis.

“Ya Alhamdulillah ada JKN-KIS yang gratis ini (peserta PBI APBN). Akhirnya setelah dua kali sedot, anak saya dioperasi setelah dirujuk dari Rumah RSUD H. Abdul Manan Simatupang (HAMS) ke Rumah Sakit Setio Husodo di Kisaran,” kata dia.

Juminipun mengapresiasi pelayanan kesehatan untuk sang anak.

“Alhamdulillah disana semua pelayanan bagus. Alatnya lengkap. Prosesnya juga cepat dan mudah, dari Puskesmas hari Rabu lalu anak saya langsung ditangani dan operasi hari Jumatnya di rumah sakit. Operasinya hanya satu jam, sorenya sudah bisa pulang. Alhamdulillah kami juga tidak dimintai biaya apapun sampai pada pengambilan obat rutin di RSUD HAMS. Kami sangat bersyukur sudah terjamin BPJS (JKN-KIS) ini,” tutup warga Sei Palia tersebut. (Putra).

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.