Citaria Happy Jadi Peserta BPJSKes

banner 468x60

hariancentral.com | Tanjungbalai ~  – Program Jaminan Kesehatan Nasional–Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah persalinan dengan metode operasi caesar. Persalinan dengan metode ini menjadi salah satu layanan JKN-KIS yang mengalami peningkatan kasus secara signifikan dari tahun ke tahun. Salah satu peserta yang merasakan manfaat tersebut adalah Citaria Lingga (36) yang merasa beruntung menjadi peserta JKN-KIS dari segmen peserta Penerima Bantuan Iuran yang dibiayai pemerintah daerah (PBI APBD). Ditemui tim Jamkesnews ketika menghadiri sosialisasi JKN-KIS di Desa Bandar Pulau Pekan, Kabupaten Asahan (19/02), Citaria bersedia membagikan pengalamannya memanfaatkan JKN-KIS untuk melahirkan anak keduanya.

Bulan Maret tahun 2017 lalu, Rini melahirkan anak keduanya dengan jalan operasi caesar karena kondisi medis yang dialaminya.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Saya pakai BPJS (JKN-KIS) untuk operasi caesar anak kedua. Waktu itu sudah mulai sakit perut lalu diperiksa di Puskesmas Aek Songsongan, ternyata tensi darah saya tinggi, itu saja yang membuat saya tidak bisa melahirkan normal sama seperti ketika melahirkan anak pertama dulu. Akhirnya saya dibawa ke RSUD H. Abdul Manan Simatupang di Kisaran untuk operasi caesar,” ungkap warga Dusun Sipinggan tersebut.

Citaria lantas mengapresiasi pelayanan yang didapatkannya.

“Kami bersyukur, pelayananannya bagus. Cepat prosesnya. Hari itu juga, setelah dirujuk dari Puskesmas, saya langsung bisa operasi caesar. Kami juga tidak dipungut biaya apapun baik itu pemeriksaan, operasi sampai rawat inap selama 4 hari di rumah sakit beserta obat-obatannya. Ruangan rawat inap pun bagus dan bersih,” imbuh wanita yang kesehariannya berladang tersebut.

Citaria pun beryukur telah menjadi peserta JKN-KIS untuk menjamin kesehatannya dan keluarga.

“Ya bersyukur sekali kami sekeluarga ditanggung oleh JKN-KIS ini karena jujur kami tidak mampu jika harus membayar biaya operasi dan perawatan. Sakit yang lain memang belum pernah pakai (JKN-KIS). Mudah-mudahan persalinan anak ketiga ini bisa lancar juga,” tutup Citaria yang tengah mengandung anak ketiganya tersebut dengan senyum. (Putra)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *