Operasi Caesar Kamalia Lancar Pakai BPJSKes

banner 468x60

Tanjungbalai, Jamkesnews – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satu pelayanan kesehatan yang dijamin adalah persalinan dengan metode operasi caesar. Persalinan dengan metode ini menjadi salah satu layanan JKN-KIS yang mengalami peningkatan kasus secara signifikan dari tahun ke tahun.

Salah satu peserta yang telah memanfaatkan Program JKN-KIS untuk mendapatkan pelayanan tersebut adalah Kamalia (40). Ditemui tim Jamkesnews di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai saat mengantar salah seorang warganya mendaftar pada Selasa (27/04), Kamalia bersedia menceritakan pengalamannya memanfaatkan Program JKN-KIS.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Bulan Juli tahun 2017 lalu, Kamalia disarankan oleh dokter untuk melahirkan anak ketiganya melalui operasi caesar.

“Pada Bulan Juli Tahun 2017 lalu saya pakai (red: JKN-KIS) untuk melahirkan anak ketiga. Awalnya memang mau normal karena tidak ada keluhan atau sakit apapun. Karena sudah anak ketiga ya memang tidak terlalu khawatir. Namun setelah dicek terakhir ternyata bayi menutup mulut rahim dan kata dokter saya tidak bisa melahirkan normal,” ungkap peserta PBI APBN tersebut.

Sempat bimbang akhirnya Kamalia dan suami memutuskan untuk menuruti saran dokter yaitu melahirkan dengan jalan operasi caesar di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Tengku Mansyur Kota Tanjung Balai.

“Setelah konsultasi lagi lewat telepon dan takut kenapa-napa, akhirnya kami kerumah sakit umum jam setengah 12 malam dan diberi kesempatan oleh dokter untuk mempertimbangkan lagi apakah mau operasi atau tidak. Namun memang sudah jalannya, saat itu tiba-tiba pecah ketuban jam 12 malam padahal tidak ada tanda-tanda sakit perut. Akhirnya mau tak mau, karena sudah panik juga, pasrah saja dipasangi alat-alat dan akhirnya dioperasi beberapa jam setelahnya karena ada antrian operasi,” ungkap ibu tiga anak tersebut.

“Alhamdulillah pelayanannya bagus. Dari fasilitas dan kebersihan ruangan bagus ya walaupun dirawat di ruangan yang banyak orangnya tapi kan itu memang sesuai hak kita kelas tiga. Pelayanan oleh perawat juga bagus. Seumur hidup baru kali itu dioperasi, tapi perawat dan dokternya perhatian dan cek terus,” tutur Kepala Lingkungan III Kelurahan Mata Halasan tersebut.

Kamalia juga mengapresiasi prosedur dan administrasi yang tidak rumit dan tanpa biaya.

“Selama menggunakan JKN-KIS saya tidak pernah merasa adminstrasi rumit baik itu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan maupun untuk mengurus urusan JKN-KIS warga saya seperti pendaftaran dan ubah data. Tanpa ada biaya apapun, administrasinya mudah dan tidak berbelit-belit. Intinya kita harus patuhi setiap prosedurnya saja agar bisa mendapat pelayanan,” tutup Kamalia. (Put)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.