Caesar Murniati Lancar Dengan JK N KIS

banner 468x60

hariancentral.com | Tanjungbalai,-  Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia tak terkecuali untuk persalinan secara caesar. Salah satu peserta JKN-KIS yang telah merasakaan manfaat tersebut adalah Murniati (29). Ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai ketika mengecek kepesertaan JKN-KIS keluarganya pada Jumat (18/06), Murniati bersedia membagikan pengalamanya kepada tim Jamkesnews.

Pada bulan Juli 2019 yang lalu, Murniati melahirkan anak pertamanya dengan metode operasi caesar karena letak bayi yang sungsang atau posisi kepala janin berada di rahim bagian atas, bukannya di rahim bagian bawah mendekati jalan lahir.

“Waktu kelahiran anak pertama saya, diperiksa dokter ternyata letaknya sungsang. Padahal waktu itu perut sudah sakit dan posisi bukaan keenam dan sempat ke klinik yang bukan faskes saya. Ternyata memang harus operasi dan akhirnya dirawat inap selama tiga hari di RSUD Dr. Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai,” tutur warga Kecamatan Sei Tualang Raso tersebut.

Murniati juga menggunakan JKN-KIS untuk proses persalinan anak keduanya yang juga dengan jalan operasi caesar.

“Untuk anak kedua, saya juga menggunakan JKN-KIS pada bulan Mei 2020 lalu. Sebenarnya saya tidak mau operasi caesar lagi, namun kata dokter karena jaraknya yang cukup dekat dengan anak pertama, jadi takut terjadi sesuatu dengan bekas operasi tahun lalu. Dokterpun tidak mau menanggung risiko,” ungkap peserta segmen Penerima Bantuan Iuran APBN tersebut.

Ibu dari dua anak itu lantas bersyukur dengan pelayanan yang telah didapatnya untuk melahirkan kedua anaknya tersebut.

“Alhamdulillah pelayanannya bagus. Walaupun saya di ruangan yang gabung dengan pasien lain, namun saya dirawat dengan sangat baik. Proses administrasipun tidak ribet. Hanya membawa KTP dan kartu keluarga saja. Setelah dari puskesmas, saya langsung dirujuk ke rumah sakit dan operasi hari itu juga. Intinya cepat pelayanannya,” ungkap ibu rumah tangga tersebut.

Murniati bersyukur karena selama menggunakan JKN-KIS, dirinya dan keluarga tidak pernah dimintai biaya apapun.

“Alhamdulillah selama menggunakan JKN-KIS ini mulai dari periksa kandungan sampai operasi caesar dan rawat inapnya lengkap dengan obat-obatannya, kami tidak dipungut biaya apapun. Kami beruntung sekali karena satu keluarga sudah dapat semua JKN-KIS,” tutup Murniati. (Put)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.