Nurlela Ditangani Serius dengan BPJS Kesehatan

banner 468x60

hariancentral.com | Tanjungbalai ~  Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Hampir seluruh penyakit dapat dijamin Program JKN-KIS termasuk salah satunya adalah tumor payudara. Adapun salah satu peserta yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan Program JKN-KIS adalah Nurlela (56).

Ditemui di kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjungbalai saat menanyakan perihal kepesertaan JKN-KIS sang anak pada Selasa (27/04), Nurlela bersedia berbagi pengalamannya, saat dirinya pernah divonis memiliki tumor payudara oleh dokter.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Awal kelihatan itu Bulan Agustus 2019 lalu. Dada kanan saya ada tumbuh benjolan yang cukup besar. Jadi langsung saya periksakan karena takut. Awalnya periksa di Puskesmas Lima Puluh, lalu saya dirujuk ke RSUD H. Abdul Manan Simatupang (HAMS) di Kota Kisaran dan dirujuk lagi ke Rumah Sakit Murni Teguh di Kota Medan untuk diperiksa lebih lanjut karena disana alatnya yang lebih lengkap katanya. Saya diperiksa semua mulai scan seluruh badan juga cek darah dan hasilnya memang ada tumor payudara namun alhamdulillah tidak ganas,” ungkap peserta kelas 3 segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) tersebut.

Atas saran dokter Nurlela lantas melaksanakan operasi tumor tersebut sebelum terlambat.

“Kata dokter memang harus operasi sebelum menjadi tumor ganas dan lebih parah lagi pengobatannya nanti. Makanya kami setuju untuk dilakukan operasi. Akhirnya tanggal 26 September tahun 2019 saya operasi di Rumah Sakit Murni Teguh dan dirawat selama lima hari. Sebelumnya sempat bolak-balik ke rumah sakit juga sekitar tiga bulan setengah karena kesehatan saya menurun disebabkan penyakit diabetes,” tutur Nurlela yang saat itu didampingi sang suami.

Nurlela pun mengapresiasi pelayanan yang didapatnya selama dirinya mendapatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan Program JKN-KIS.

“Pelayanannya saya rasa cukup bagus. Ruangannya kelas 3 tapi besar, fasilitas lengkap dan administrasinya tidak sulit. Tidak ada satu rupiahpun yang kami keluarkan mulai dari pemeriksaan, operasi sampai pemulihan. Saya merasa tidak ada kendala,” aku ibu dari lima orang anak tersebut.

Saat ini kesehatan Nurlela kian membaik walau tetap melakukan pengobatan rutin penyakit diabetesnya.

“Saya dinyatakan sudah sembuh setelah kontrol rutin pasca operasi kemarin. Sekarang hanya tinggal pengobatan rutin diabetes saya dan pakai BPJS juga. Saya bersyukur sekali pakai JKN-KIS ini,” tutup Nurlela. (Putra)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *