Sakit Selulitis Ruslina Dicover JKN KIS

banner 468x60

hariancentral.com | Tanjungbalai – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Salah satu peserta yang telah merasakaan manfaat dari Program JKN-KIS adalah Ruslina (58). Ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai (17/06), Ruslina bersedia membagikan ceritanya kepada tim Jamkesnews.

Tiga tahun lalu, Ruslina mengalami bengkak pada kaki kiri yang didiagnosis dokter sebagai Selulitis. Selulitis adalah infeksi bakteri pada kulit dan jaringan di bawah kulit. Hal ini terjadi ketika bakteri masuk dari kulit yang terbuka (luka) dan menyebar.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Awalnya kaki kiri bawah ini bengkaknya kecil. Lalu terasa dingin sampai saya menggigil dan demam. Lama kelamaan bengkaknya semakin membesar dan berisi cairan disertai kemerahan seperti terkena air panas. Akhirnya saya ke Puskesmas dan dirujuk ke rumah sakit. Dokter disana bilang kalau saya ini terkena Selulitis,” tutur peserta Program JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran tersebut.

Ruslina pun menjalani operasi untuk mengeluarkan nanah atau abses dari jaringan dan memotong jaringan yang mati pada kak kirinya.

“Awalnya saya tunda-tunda karena saya dan anak semata wayang saya sibuk. Ketika sudah sakit sekali dan bernanah, saya akhirnya menjalani operasi di RSUD Dr. Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai dan dirawat inap selama tiga hari. Alhamdulillah sudah tidak bengkak lagi,” ungkap juru masak di kedai masak tersebut.

Ruslina pun memuji pelayanan kesehatan yang telah didapatnya saat memanfaatkan Program JKN-KIS.

“Alhamdulillah pelayanan yang saya dapat semua bagus sekali. Setelah operasi saya dicek terus. Saya dirawat di bagian khusus bedah untuk delapan pasien. Saya juga tidak pernah dimintai biaya apapun sampai kontrol di Puskesmas dan obat-obatan setelah operasi serta pernah juga check up ke RSUD Dr. Pirngadi di Medan,” imbuh Ruslina.

Ruslina bersyukur telah menjadi peserta JKN-KIS, namun ia mencoba menerapkan gaya hidup sehat untuk mengatasi penyebab kulitnya yang rentan tersebut.

“Walaupun belum ada rasa sakit, saya khawatir akan dioperasi lagi. Namun setelah saya lihat hasil check up waktu itu, sepertinya gaya hidup saya tidak sehat karena asam urat dan kolesterol tinggi. Insya Allah saya coba untuk hidup sehat dulu agar bisa sembuh dan penyakitnya tidak kembali lagi. Beruntung saya masih ada JKN-KIS untuk jaga-jaga,” tutup Ruslina. (HA/ss)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *