Sambut HUT 53, BPJSKes T.Balai Donor Darah

banner 468x60

hariancentral.com | Tanjungbalai, – BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tanjungbalai mengadakan kegiatan donor darah pada Selasa (31/08). Kegiatan yang bertajuk BPJS Kesehatan Peduli ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-53 BPJS Kesehatan.

Perwakilan Unit Donor Darah PMI Kota Tanjungbalai, Yuyun, mengatakan bahwa selama situasi pandemi covid-19 berlangsung, stok darah yang ada di PMI menurun.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Kendala yang dihadapi selama pandemi adalah penurunan jumlah stok pendonor yang seiring dengan berkurangnya pelayanan PMI di luar kantor PMI. Adapun kebutuhan darah di Kota Tanjungbalai perbulannya bisa mencapai 50 hingga 100 kantong darah,” tutur Yuyun.

“Kami mengapresiasi kesediaan BPJS Kesehatan untuk melakukan donor darah bagi duta BPJS Kesehatan dan bersedia menyediakan tempat pelaksanaan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Tingkat partisipasi pendonor juga tinggi walaupun ada beberapa orang yang karena kondisi tubuhnya, tidak dapat mendonorkan darahnya. Harapan kami kedepannya, mudah-mudahan pegawai BPJS Kesehatan bisa rutin untuk melakukan donor darah dengan cara kami yang datang langsung maupun kami yang menerima pendonor di kantor PMI,” ujar Yuyun.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai, Zoni Anwar Tanjung, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk kepedulian BPJS Kesehatan terhadap masyarakat yang membutuhkan transfusi darah.

“Kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian BPJS Kesehatan terhadap masyarakat yang membutuhkan transfusi darah yang kita tahu memang semakin menipis. Kegiatan donor darah ini terakhir kita lakukan tahun 2019 lalu dan baru sekarang bisa dilakukan kembali di kantor BPJS Kesehatan Tanjung Balai sesuai keadaan yang sudah memungkinkan dan dengan protokol kesehatan,” tutur Zoni.

Tidak hanya diperuntukkan bagi duta BPJS Kesehatan, kegiatan ini juga diperuntukkan bagi masyarakat sekita yang bersedia untuk mendonorkan darahnya.

“Tidak hanya untuk duta BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai saja, kita juga mempersilahkan kepada masyarakat sekitar yang ingin mendonorkan darahnya disini. Jadi donor darah ini adalah wujud prinsip gotong royong kita seluruh lapisan masyarakat demi membantu sesama,” imbuh Zoni.

Donor darah yang dilaksanakan secara rutin memiliki manfaat bagi kesehatan pendonor seperti untuk mendeteksi penyakit serius, meningkatkan produksi sel darah dan menjaga kesehatan jantung. (Put)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *