Ahmad Fuad komitmen sinergi dengan JKN KiS

banner 468x60

hariancentral.com | Labuhanbatu Selatan, -Asisten I Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Ahmad Fuad menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan berkomitmen dalam membuat langkah strategis untuk kelancaran pembayaran iuran dan cakupan kepesertaan JKN-KIS di Labuhanbatu Selatan. Hal ini disampaikan Ahmad pada kegiatan Forum Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Kabupaten Labuhanbatu Selatan Tahun 2021 pada Selasa (09/11).

“Dalam hal pembayaran iuran peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) ini sudah kami ambil langkah seperti validasi dan sinkronisasi data masyarakat yang memang berhak menerima, penambahan kuota penerima PBI ini. Intinya kita berusaha demi semakin banyaknya masyarakat Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang bisa mendapat pelayanan kesehatan tanpa pusing memikirkan biaya,” tutur Ahmad.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Ahmad juga menyambut ide Corporate Social Responsibility (CSR) badan usaha untuk membayar iuran JKN-KIS masyarakat Labuhanbatu Selatan yang perlu diatur lebih lanjut dalam peraturan daerah.

“Kalau Program CSR ini sebenarnya bukan hal yang baru di Kabupaten Labuhanbatu Selatan karena sudah ada peraturan daerahnya. Namun, yang tujuannya untuk pembiayaan jaminan kesehatan ini memang perlu kita masukkan lebih rinci di peraturan daerah agar ada dasar kita dan bisa melapor juga ke Bupati,” imbuh Ahmad.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Indra Arya, mengatakan bahwa kuota penerima PBI APBN yang tersedia saat ini sebanyak 18.350 jiwa.

“Terkait Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Labuhanbatu Selatan sendiri kuota yang tersedia adalah sebanyak 18.350 jiwa dari Kementrian Sosial dan total yang sudah menjadi penerima PBI di Labuhanbatu Selatan adalah 68.096 jiwa,” ungkap Indra.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai, Lenny Marlina T.U.M., mengapesiasi langkah yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi langkah strategis yang sudah dibuat oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan melalui dinas-dinas terkait agar pembiayaan iuran lancar. Seperti melalui CSR badan usaha serta agar Universal Health Coverage (UHC) bisa segera tercapai salah satunya dengan penambahan kuota peserta PBI. Adapun presentase masyarakat Labuhanbatu Selatan yang sudah menjadi peserta JKN-KIS saat ini mencapai 70.36 %,” ungkap Lenny. (Put)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.