Eriston apresiasi JKN KiS

banner 468x60

hariancentral.com Tanjungbalai,  – BPJS Kesehatan terus berinovasi dan bersinergi dengan stakeholder dalam rangka mempermudah layanan bagi masyarakat dengan sistem digitalisasi layanan salah satunya melalui aplikasi Mobile JKN.

Ketua Komisi C DPRD Tanjungbalai, Eriston Sihaloho mengapresiasi kehadiran aplikasi Mobile JKN yang sangat membantu Peserta JKN-KIS.

Bacaan Lainnya
banner 300250

“Aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat. Apalagi sekarang mayoritas masyarakat memiliki smartphone. Hanya dengan membawa ponsel yang sudah mengunduh dan terdaftar aplikasi Mobile JKN, masyarakat mudah mengubah datanya tanpa ke kantor BPJS Kesehatan. Bahkan tidak perlu khawatir jika kartunya tertinggal saat mengakses pelayanan kesehatan karena disini sudah ada kartu digital juga. Kita harap semua masyarakat bisa mengunduh aplikasi ini,” ungkap Eriston dalam Forum Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Tingkat Kota Tanjungbalai (24/11).

Selain aplikasi Mobile JKN, digitalisasi juga mencakup pelayanan di FKTP dan FKRTL. Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tanjungbalai, Erni Nahvari, mengatakan bahwa optimalisasi digital pada FKTP dan FKRTL mencakup aplikasi Mobile JKN dan antrean online

“Dinas Kesehatan akan berkolaborasi mengoptimalkan digitalisasi FKTP dengan penggunaan perangkat antrean online yang tersedia untuk mengurai antrian dan memaksimalkan penggunaan Mobile JKN oleh dokter FKTP. Sehingga angka kontak tidak langsung dapat tercapai tentunya juga untuk mencegah transmisi patogen Covid-19,” ungkap Erni dalam kegiatan yang sama.

Erni menambahkan bahwa rumah sakit juga berkomitmen untuk mendukung terciptanya digitalisasi tersebut dengan menyediakan sarana dan prasarana digital.

“Kita juga pastikan sarana dan prasarana ketersediaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIM-RS) untuk kebutuhan bridging dengan SIM BPJS Kesehatan. Antara lain bridging display ketersediaan tempat tidur, antrean online, dan display tindakan operasi seperti halnya RSUD Dr. Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai yang telah memenuhi penyediaan sistem antrean elektronik dan display ketersediaan tempat tidur,” imbuh Erni.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai, Lenny Marlina, mengapresiasi komitmen stakeholder terkait sinergi digitalisasi layanan.

“Kami apresiasi dukungan stakeholder terkait digitalisasi layanan mulai dari aplikasi Mobile JKN sampai pada sistem sarana prasarana yang bisa diakses secara online di provider mitra BPJS Kesehatan,” tutur Lenny dalam forum yang turut dihadiri Plt. Wali Kota Tanjungbalai tersebut.

Lenny berharap, sarana prasarana tersebut juga didukung oleh pengingkatan kompetensi sumber daya manusia sebagai pengelola.

“Untuk mendukung sarana prasarana tersebut, petugas yang telah ditunjuk sebagai pengelola sistem tersebut dibekali dengan regulasi-regulasi terkait Program JKN-KIS sesuai bidang tugas masing-masing dan pengetahuan tentang sistem dan aplikasi tersebut. Monitoring dan evaluasi juga perlu dilakukan berkala,” tutup Lenny. (Put)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *