Perkuliahan Mahasiswa USU Secara Tatap Muka Mulai Januari 2022

banner 468x60

hariancentral.com | Medan : Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, perkuliahan pertemuan tatap muka mahasiswa USU dijadwalkan pada 16 Januari 2022 dengan mengikutkan 50% mahasiswa datang ke kampus dan 50% lagi mengikuti perkuliahan secara daring di rumah.

Kini semua infrastruktur telah dipersiapkan dan juga USU telah membentuk Satgas Covid-19 . Untuk 3 bulan ke depan sistem ini akan di evaluasi kembali,kata Rektor USU Dr Muryanto Amin didampingi Kepala Kantor Humas USU Amalia Meutia MPsi dan Wakil Rektor V Ir Luhut Sihombing MP dalam pertemuan akhir tahun 2021 dengan wartawan, di Medan, Minggu (26/12).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Ia juga menjelaskan USU terus berbenah untuk menuju universitas yang bertaraf internasional. Ke depan jumlah mahasiswa asing akan ditambah daya tampungnya di USU. Kalau saat ini ada sekitar 1.200 mahasiswa asing yang kuliah di USU antara lain di Fakultas Kedokteran, Farmasi, Fisip dan FKG , mereka ini datang dari Malaysia, Bangladesh dan Korea. Adapun jumlah mahasiswa USU yang aktif saat ini sekitar 39.000 orang. Dalam mempersiapkan menuju universitas bertaraf internasional banyak hal infrastruktur yang akan kita benahi antara lain taman public, toilet, ruang kelas tidak boleh lebih dari 100 orang ,kapasitas internet ditingkatkan dan lainnya.

Menyinggung peraturan untuk bimbingan pembuatan skripsi, khususnya bagi mahasiswi, dikatakan rektor ke depan sudah dibentuk Satgas nya dan ada etika serta peraturannya, antara lain dalam memberi bimbingan khususnya dosen lelaki kepada wanita tidak boleh berduaan untuk menjaga tidak terjadinya tuduhan, semisal kekerasan seksual. Dalam peraturannya,kalau dosen terbukti melakukan pelecehan seksual bisa dipecat,katanya.

Ke depan USU juga akan menerapkan administrasi secara digital atau (terekam), sehingga tidak bisa di manipulasi atas nilai-nilai yang sudah ada. Demikian juga untuk peserta wisuda, diharapkan dua bulan sebelum acara wisuda seluruh kelengkapan administrasi sudah lengkap. Karena mahasiswa itu ada PIN nya dan terdata di pangkalan data di Kementrian. Sehingga diharapkan tidak ada kendala atau keterlambatan dalam pembuatan ijazah,katanya.

Dijelaskan ,USU juga telah sukses melaksanakan berbagai kegiatan vaksinasi Covid-19, baik untuk tenaga medis, tenaga pendidik, tenaga kependidikan maupun untuk umum. USU juga telah meluncurkan layanan Telemedicine yang membantu masyarakat untuk mendapatkan layanan yang cepat dalam penanganan medis.

USU juga telah meluncurkan fasilitas layanan Aplikasi Satu Atap (ASA), E-Office, Agenda, dan Whistle Blower System. Hal itu merupakan realisasi awal dari perwujudan one data, integrasi sistem, dan digitalisasi kampus . Selain dalam bidang administratif, digitalisasi kampus juga mensasar gerakan uang elektronik. Beberapa program berkenaan dengan ini sudah dimulai dengan membangun sistem virtual account (VA) dalam transaksi pembayaran, baik bagi mahasiswa maupun dosen. Selain untuk mempermudah pencatatan, dengan sistem ini diharapkan terbangun sebuah sistem keuangan yang terkendali, integratif dan lengkap. Layanan lainnya berupa kemudahan pembayaran juga akan dibangun dalam bentuk sistem pembayaran uang elektronik.

Kita berharap agar pada tahun 2022 mendatang, kinerja USU dapat semakin baik dan maksimal, serta seluruh proses perubahan menuju yang terbaik dapat bergulir semakin cepat dan tepat sasaran,katanya.(iin)

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.