Plt Wali Kota Tanjungbalai Buka Kegiatan Inventarisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah

banner 468x60

hariancentral. com | Tanjungbalai :  Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tanjungbalai, Waris Thalib menegaskan, kedudukan pengelolaan barang milik daerah sama pentingnya dengan pengelolaan keuangan daerah. Untuk itu, dirinya meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar tetap fokus dan memprioritaskan kedua hal tersebut dalam pelaksanaannya.

“Kedudukan inventarisasi pengelolaan barang milik daerah sama pentingnya dengan pengelolaan keuangan daerah. Keduanya harus menjadi prioritas dalam pelaksanaannya,” ujar Plt Wali Kota Tanjungbalai, di sela kegiatan saat membuka acara Inventarisasi Pengelolaan Barang Milik Daerah, di Aula Sutrisno Hadi, Kantor Wali Kota Tanjungbalai, Kamis (30/12/2021).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Dikatakannya, melalui sosialisasi ini diharapkan menjadi acuan bagi setiap OPD agar dapat meninjau ulang dan memperhatikan kondisi pengelolaan barang milik daerah di masing-masing instansi. Dengan begitu, jika terdapat kekurangan, dapat segera dikoordinasikan dengan OPD terkait yakni Bidang Aset.

“Hal ini guna menunjang pelaksanaan pengelolaan barang milik daerah sesuai ketentuan-ketentuan yang berlaku,” paparnya.

Senada dengan itu, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) yang diwakili Kabid Aset Safrida mengatakan, sosialisasi ini diikuti seluruh Kepala OPD (SKPD), Unit Kerja, K3S dan Seluruh Kepala Puskesmas dan Pengurus Barang pada setiap OPD. Materinya meliputi penatausahaan aset, inventarisasi aset serta pembukuan.

Dikatakannya, aturan yang tertuang didasarkan pada Permendagri Nomor 19 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Barang Milik Daeran dan Permendagri Nomor 47 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pembukaan, Inventarisasi dan Pelaporan Barang Milik Daerah, hal ini guna mempermudah OPD menyusun laporan Inventarisasi Aset Tetap dan Laporan Keuangan Pemerintah Kota Tanjungbalai Pasalnya, dalam pelaporan, telah tersusun secara sitematis, tutup Safrida.

Acara dihadiri Pj. Sekretaris Daerah Nurmalini Marpaung selaku Pengelola Barang Milik Daerah Pemerintah Kota Tanjungbalai dan Kepada OPD dan Pengurus Barang OPD yang selalu aktif dan cepat menyampaikan Laporan ke Bidang Aset BPKPAD kota tanjungbalai diberikan Reward berupa Piagam Penghargaan dan Bingkisan yang diserahkan langsung oleh Plt Wali Kota Waris Thalib *SUM

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.