Ratusan Kades Sergai Ngos-ngosan Ditagih Pajak

banner 468x60

hariancentral.com | Sergai : Sejumlah Kades.mengeluh ditagih pajak atas pajak terutang tahun.2018, 2019, 2020,2021.

Beberapa Kades mengaku terkejut.karena utang pajak tersebut tiba-tiba muncul diluar.dugaan. Para Kades tampak berkerumun mengklarifikasi pajak terutang di aula Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Rabu (22/12/2021).

Bacaan Lainnya
banner 300250

Akibat tertunggaknya pajak dana desa yang beberapa kades mengeluhkan penundaan pencairan 20 persen lagi dana desa hingga di akhir tahun 2021. Ketiadaan uang untuk membayar utang pajak tersebut menurut beberapa kepala desa adalah kekurangpengetahuan akan rinci pajak kegiatan dana desa yang terutang.

Kades Penggalian Syaiful, Kecamatan Tebing Syahbandar misalnya terutang pajak kegiatan dana desa hingga Rp 58 juta. Keharusan pelunasan utang pajak itu membuat beberapa kades mengaku ‘ngos-ngosan’ namun beberapa kades dapat memahami keharusan pembayaran pajak adalah demi keberlangsungan pembangunan.

Beberapa Kades yang tampak mengklarifikasi perhitungan pajak terutang tersebut yaitu dari kecamatan dolok merawan, kecamatan tebing syahbanfar, kecamatan Sipispis, Kecamatan Tebing Tinggi

Sebelumnya Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tebing Tinggi menggelar Rapat Koordinasi Penyelesaian Tunggakan Pajak Dana Desa di Aula Sultan Serdang Kompleks Kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Rabu (22/12/2021).
Kepala KPP Pratama Tebing Tinggi, Daniel Zebua menyampaikan komitmen terhadap pajak desa yang belum lunas di 153 desa.

Daniel menyebut jika Pemkab Sergai dan KPP Pratama Tebing Tinggi sudah sepakat untuk mengatasi permasalahan ini bersama dengan menandatangani berita acara terkait pajak desa. Menurutnya merupakan hal yang sangat serius, untuk melakukan tindakan yang tegas guna menagih pajak yang memang harus dibayarkan oleh desa.

“Kami mengharapkan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, khususnya dengan para Kepala Desa karena pajak yang dibayarkan akan disetor ke negara dan tentunya akan kembali digunakan untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” kata Daniel Zebua.

Hadir dalam kegiatan, Kasat Reskrim Polres Sergai Made Yoga Mahendra S.I.K, Mewakili Kajari Sergai, para Camat serta Kepala Desa. (Asmi)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *