Buntut Pemberian KIP, Kadis Perdagangan Tebingtinggi Diributi

banner 468x60

hariancentral.com | T.Tinggi : Buntut pemberian KIP (Kartu Identitas Pedagang) Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tebing Tinggi Zahidin SPd MPd diributkan. Bunyi spanduk yang terpasang atas nama Pedagang Pasar Kain MT Haryono menolak Zahidin duduk di Dinas Perdagangan karena hanya membuat keresahan bagi seluruh pedagang.

Dari berbagai sumber yang dihimpun Harian Central menginformasikan selama Zahidin merangkap jabatan sebagai Plt. Kadis Perdagangan, Koperasi dan UMKM dinilai dalam kenyataannya tidak bisa menjaga kenyamanan berusaha di lingkungan para pedagang di Kota Tebing Tinggi.

Selama Pelaksana Tugas Kadis, Zahidin justru telah menimbulkan persoalan baru diantara sesama pedagang akibat dari menerbitkan Kartu Identitas Pedagang (KIP) yang di ketahui sejak tahun 2018 telah bermasalah.

 

Sebagai Plt Kadis Perdagangan, Koperasi & UMKM, Zahidin dinilai dengan seenaknya membuat kebijakan memberikan kios kepada pedagang yang tidak berhak sebagaimana dipersyaratkan dalam Peraturan Walikota tentang Pengelolaan Pasar.

Bahkan latar belakang Zahidin sarjana pendidikan mendapat protea karena tidak layak mengatur para pedagang. “Saya sangat kecewa karena Zahidin latar belakangnya adalah seorang guru dan seharusnya ditempatkan di Dinas Pendidikan bukan di Dinas Perdagangan, Ucapnya.

Bahkan menurut pedagang sebagaimana dilansir di Indotoday.com waktu Sidang Paripurna tahun 2021 kemarin Anggota DPRD Kota Tebing Tinggi menyoroti bahkan dalam penyampaian pidato dari salah satu fraksi merekomendasikan kepada Walikota supaya Zahidin diganti dengan pejabat yang lebih kapabel karena tidak sesuai dengan basic nya.

Dengan rasa kecewa terhadap Pemerintah Kota Tebing Tinggi para pedagang Pasar Kain jln MT Haryono membuat spanduk bukti penolakan terhadap Zahidin sebagai Plt Kadis Perdagangan, Koperasi dan UMKM karena dianggap tidak layak dan tidak mengayomi para pedagang.

Selain itu wartawan melansir tiga orang pedagang yakni Bapak Dolly, Silaen, Pedagang lantai satu dan Ibu Dewi lantai dua, meminta keadilan dan tindakan konkrit yang terhormat Bapak Walikota melalui Kadis Perdagangan terkait Penataan Pedagang Pasar Kain terutama tentang Penerbitan Kartu Identitas Pedagang ( KIP)

Mereka mengatakan sejak Kadis Perdagangan sebelumnya (Gul Bahri Siregar) telah menata lewat musyawarah yang berhak menempati kios/ Stand baik dilantai satu dua dan tiga lewat cabut nomor.

Semua pedagang mengikuti aturan dan telah diterbitkan satu pedagang dapat satu Kartu Identitas Pedagang ( KIP) namun ada satu Pedagang di lantai satu inisial R ketika cabut nomor mendapat di lantai dua namun tetap berjualan di lantai satu dimana sampai hari ini belum ada penyelesaiannya, namun Zahidin selaku Kepala Dinas Pasar memberikan KIP kepada orang itu.

Apa boleh satu Pedagang dapat dua kartu Identitas Pedagang ( KIP) ? Tolonglah Kami Pak Wali/ Kadis,Kami ini Pedagang diperlakukan secara adil ujar Pak Dolly, Silaen dan Ibu Dewi ke Media.

Menjawab konfirmasi wartawan Kadis Perdagangan Zahidin Via seluler, Selasa 18 Januari 2022, tegas mengatakan bahwa Terkait kebijakannya menerbitkan Kartu Identitas Pedagang ( KIP) adalah sudah sesuai prosedur yang ada, dengan tujuan agar Pasar Kain lebih ramai Pedagang dan Pembeli jelasnya.

Sementara pengelola stand kios yang disebut sebut mendapat KIP, Manullang kepada Harian Central.com Jumat (20/1/2022) mengatakanbahwa KIP yang diberikan oleh Zahidin sudah sangat layak diberikan. Sebab ia sudah membayar semua kewajiban, membayar retribusi dan sewa kios dan sejak 2018 ia sudah berjualan di pasar kain itu secara terus menerus. Ia berhak mendapat hak haknya dengan rasa keadilan yang sudah sangat lama diabaikan oleh Gul Bahri (Kadis Pasar sebelum Zahidin) dan Kepala UPTD Pasar Kota Tebing Tinggi Erwin Sitorus.

“Saya tidak mengerti mengapa ada pimpinan yang mengabaikan rasa keadilan seperti itu lamanya tidak sanggup mengatur para pedagang. Saya sangat bersyukur diangkat pimpinan yang memiliki rasa keadilan yang dibutuhkan oleh pedagang seperti saya ini, kata Manullang.(asmi)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.