IPAL Diduga tak Berfungsi, Limbah Medis RSU Kabanjahe Berpotensi Rusak Lingkungan

banner 468x60

hariancentral.com | Tanah Karo : Instalasi pengolahan air limbah (IPAL) milik rumah sakit umum (RSU) Kabanjahe akhir akhir ini diduga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Akibatnya pengolahan untuk menetralisir limbah medis cair dari rumah sakit tersebut menjadi terkendala dan limbah cair tersebut berpotensi timbulkan kerusakan lingkunan yang tentunya berdampak pada kesehatan warga sekitar.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

 


Direktur rsu Kabanjahe dr Arjuna Wijaya saat dikonfirmasi di kantornya Jumat (membenarkan hal tersebut.Dijelaskan bahwa rsu Kabanjahe memiliki 2 unit bluer yang sama fungsinya.Tapi satu diantaranya mengalami kerusakan sehingga pengolahan tidak maksimal.

Guna penjelasan lebih lanjut dr Arjuna mengarahkan wartawan menemui Kepala Seksi (kasi) Sarana Prasarana Belrani Tarigan.

Menurut Belrani Tarigan yang ditemui di kantornya Jumat (21/1) mengatakan bahwa
mesin Bloer hanya digunakan dalam kurun waktu 2 hari sekali.hal itu dilakukan guna menjaga ketahanan mesin agar tidak rusak.”sebelumnya kita miliki 2 unit mesin Bluer sehingga dipakai setiap hari yang bergantian secara otomatis” ujar Belrani Tarigan.

Lebih lanjut dikatakan mengenai biaya pemeliharaan Ipal yang selama ini dianggarkan pada APBD Kab Karo maka mulai sejak tahun 2020
ditampung pada badan layanan umum daerah (BLUD) atau dari hasil pengelolaan Rsu Kabanjahe.

“Penangan limbah medis berada dalam pegawasan badan tehnik kesehatan lingkungan (BTKL) propinsi” terang Belrani Tarigan.

Sementara tehnisi pengelolaan Ipal Dani Padang yang mengaku telah bekerja selama 5 thn sebagai teknisi Ipal rsu Kabanjahe saat ditemui Jumat (21/1) mengatakan bahwa mesin Blower tersebut telah rusak setahun lebih mulai dari tahun 2020 dan sudah diusulkan agar mesin Bluer diganti tapi sampai saat ini belum ada tanggapan.

Pantauan di ruang mesin pengelola Ipal terlihat beberapa unit mesin yang tidak terawat sedang di bagian luar gedung Ipal ditumbuhi rumput liar.*mar.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.