Komisi IV DPRD Medan: Segera Bentuk Tim Akademisi Kaji Nama Jalan Sahara Oloan Panggabean

banner 468x60

hariancentral.com | Medan : Pembahasan usulan pergantian nama Jalan Sekip menjadi Jalan Sahara Oloan Panggabean dilanjutkan dalam RDP Komisi IV DPRD Medan dengan Dinas PU,Dinas Perhubungan, Camat Medan Petisah, Lurah Sekip dan perwakilan Keluarga Almarhum Olo Panggabean,Selasa(18/1).

Sebagai tindak lanjut usulan tersebut,Komisi IV minta agar Pemko Medan segera membentuk Tim Akademisi, guna mengkaji usulan perubahan nama jalan tersebut.

Sementara itu,Kabag Tapem Andy Mario Siregar menjelaskan dasar perubahan nama jalan (Rupa Bumi) harus mempunyai nilai sejarah, menggunakan Bahasa Indonesia, menghindari penggunaan nama orang yang masih hidup, memiliki dukungan masyarakat dan syarat lainnya,” ujar Andy Mario.

Sedangkan Paul Mei Anton Simanjuntak sempat mempertanyakan kemungkinan perubahan nama Jalan Sekip dilakukan.Disini kami minta ketegasan Kabag Tapem Pemko Medan, atas usulan perubahan nama Jalan Sekip ini,” katanya.

Sementara itu, Burhanuddin Sitepu (Demokrat) juga mengungkapkan, bahwa beberapa tahun lalu juga ada mengusulkan nama Ibrahim Sinik tokoh jurnalistik di Sumatera Utara, untuk dijadikan nama jalan.

“Bukankah proses perubahan nama Ibrahim Sinik bisa menjadi acuan untuk perubahan nama Jalan Sekip ini. Jadi saya berharap, di pertemuan berikutnya Kabag Tapem Pemko Medan sudah menerbitkan SK Tim Akademisi tersebut,”ujarnya.

Renville P Napitupulu (PSI) juga menambahkan, bahwa akar sejarah merupakan faktor yang sangat penting atas perubahan nama jalan tersebut. “Harus ada pihak yang bisa menjelaskan apa makna dari Jalan Sekip. Sebab, perubahan nama jalan tersebut nantinya berpengaruh kepada alamat kependudukan masyarakat sekitar. Dan ini membutuhkan kajian lebih dalam lagi,”ujarnya.

Paul menyebut, informasi yang dilihatnya dari Google bahwa arti nama dari Jalan Sekip itu adalah “Sasaran Tembak”. “Kan lebih baik Jalan Sekip itu diganti dengan nama seorang tokoh yang semasa hidupnya banyak membantu masyarakat miskin di kota Medan ini,” tandasnya.

Antonius D Tumanggor (NasDem) ini juga menambahkan, bahwa masyarakat seputaran Jalan Sekip di hadapan pihak kelurahan dan kecamatan mengatakan setuju sudah menyetujui atas perubahan nama jalan tersebut.

“Surat rekomendasi yang terbaru dari Walikota Medan Bobby Nasution juga ada. Jadi tinggal sikap tegas Kabag Tapem aja sekarang, setuju atau tak setuju,” tegas Sekjen IPK Sumut ini.

Alvin Panggabean salah satu perwakilan keluarga Almarhum Olo Panggabean, meminta agar nama jalan Sekip bisa diganti. “Penetapan Jalan Oloan Panggabean itu merupakan penghargaan atas budi baik yang dilakukan almarhum pada masyarakat Kota Medan dan Sumatera Utara,” ujarnya.”pul

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.