Tak Peduli Omicron, Puluhan Ribu Warga India Padati Sungai Gangga

banner 468x60

hariancentral.com | New Delhi – Puluhan ribu umat Hindu di India, yang dipimpin kepala kuil dan para pertapa, berkumpul dan mengikuti ritual suci di Sungai Gangga.

Warga tetap menghadiri momen yang menjadi bagian dari festival keagamaan ini, meskipun India tengah menghadapi lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) yang dipicu oleh varian Omicron yang sangat menular.

Bacaan Lainnya
banner 300250

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (14/1/2022), para peziarah Hindu berkumpul di Sangam, pertemuan tiga sungai — Gangga, Yamuna dan Saraswati yang suci — di kota Prayagraj, yang berjarak 200 kilometer sebelah timur laut Lucknow, ibu kota Uttar Pradesh.

Mereka berpartisipasi dalam festival Magh Mela, yang merupakan salah satu festival ziarah paling suci dalam ajaran Hindu.

Para peziarah berendam dan mandi di Sungai Gangga, dalam sebuah ritual Hindu yang diyakini akan menghapus dosa dan membebaskan mereka dari siklus kematian dan kelahiran kembali.

Momen serupa dalam festival Hindu tahun lalu di kota Haridwar, Uttarakhand, membantu menyebarkan varian Delta yang mengamuk di India dan menjadikan negara itu sebagai salah satu negara terdampak Corona paling parah.

Para pakar epidemiologi menyebut festival itu sebagai ‘acara super-spreader’.

Penularan Corona yang didorong varian Omicron dilaporkan tengah meningkat pesat di seluruh wilayah India. Negara ini melaporkan lebih dari 264.000 kasus Corona pada Jumat (14/1) waktu setempat, namun angka rawat inap tetap relatif rendah.

Jutaan umat Hindu diperkirakan akan memadai festival itu selama 47 hari ke depan. Banyak dari mereka akan tinggal di tepi Sungai Gangga selama sebulan untuk menjalani kehidupan pertapa, dengan keyakinan mereka akan menerima keselamatan.

Festival itu menuai kekhawatiran bahwa para peziarah bisa terinfeksi Corona dan membawa virus itu kembali ke berbagai kota dan desa-desa lainnya yang menjadi daerah asal mereka.

Sejauh ini, dilaporkan 77 polisi dan 12 petugas kebersihan yang dikerahkan dalam festival itu telah dinyatakan positif Corona.(dti)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *