Wong Chun Sen : Masalah Sampah Adalah Tanggungjawab Kita Bersama

banner 468x60

hariancentral.com | Medan : Masalah banjir menjadi masalah yang sampai hari ini masih terus dicari solusinya. Terutama di kawasan Medan Tembung yang berbatasan dengan Kabupaten Deli Serdang, perlu ada kerjasama yang terpadu dalam mengatasi saluran air yang tersumbat di kawasan Medan Tembung.

Hal tersebut disampaikan Anggota DPRD Medan Drs. Wong Chun Sen pada kegiatan Sosialisasi Produk Hukum Daerah (Sosperda) Perda No. 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Halaman Kantor Camat Medan Tembung, Minggub(16/1/2022).

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Permasalahan banjir sering melanda kawasan Medan Tembung karena warga masyarakatnya belum disiplin dalam membuang sampah pada tempatnya. Sampah yang dibuang dengan sembarangan lama kelamaan semakin menumpuk dan ketika sampah tersebut masuk ke saluran air akan mengakibatkan saluran air tersumbat. Inilah yang jadi penyebab terjadinya banjir, dimana saluran air yang ada sudah tertutup oleh sampah, ” kata Wong Chun Sen.

Dampak dari membuang sampah sembarangan, lanjut Wong dari Fraksi PDI Perjuangan tidak hanya masalah banjir. Sampah yang menumpuk di satu tempat jika dibiarkan berhari-hari akan menimbulkan bau busuk dan menjadi tempat berkembangbiak berbagai macam virus yang menimbulkan berbagai jenis penyakit.

“Mengatasi masalah sampah harus dimulai dari diri kita sendiri. Kesadaran masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah sampah dan dampak yang ditimbulkannya,” tandasnya.

Kesadaran masyarakat menjadi sangat penting, lanjut Wong Chun Sen. Sampah rumah tangga dikumpulkan dan dipilah, kemudian dikumpulkan dibuang ke tempat pembuangan sementara, dan oleh petugas dari Dinas Kebersihan diangkut serta di buang ke tempat pembuangan akhir.

“Untuk mengatasi masalah sampah, ada beberapa hal perlu menjadi perhatian kita. Salah satunya adalah agar masyarakat disiplin juga membayar retribusi sampah. Kalau masyarakat atau perorangan tetangkap tangan membuang sampah sembarangan akan kena pidana kurungan badan 3 bulan penjara atau denda Rp 10 juta dan apabila badan yang melakukan tindak pidana akan dikenai pidana 6 bulan kurungan badan atau denda Rp 50 juta, ” kata Wong.

Kegiatan Sosialisasi Perda No. 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan diikuti ratusan warga masyarakat, Camat Medan Tembung Vianti Dewi Nasution, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Lurah Bandar Selamat.

Camat Medan Tembung Vianti Dewi Nasution menyambut baik diadakannya sosialisasi Perda tentang pengelolaan persampahan.

“Harapan kita masyarakat bisa memahami dan semakin disiplin dalam membuang sampah, ” tandasnya.”pul

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.