Kapal Bocor, 34 Pekerja Ilegal di Batubara Gagal Berangkat ke Malaysia

banner 468x60

hariancentral.com | Batu Bara – Polisi mengamankan 34 orang pekerja migran Indonesia (PMI) ilegal di Desa Pahlawan, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara. Mereka rencananya akan berangkat ke Malaysia.

Peristiwa tersebut terjadi pada Jumat (4/3/2022) sekitar pukul 17.00 WIB. Mereka awalnya berangkat ke Malaysia menggunakan kapal nelayan KM Barokah.

PMI ilegal itu melewati pelabuhan tikus di wilayah Asahan menuju perbatasan perairan antara Indonesia dan Malaysia.

Baru beberapa menit berlayar, kapal mengalami kebocoran dan terpaksa menepi di daerah pantai Batu Bara. Kemudian, mereka ditampung sementara di dua rumah warga dan ditemukan polisi.

“Sebelumnya, kapal mereka ini sudah berlayar dari Asahan. Baru jalan, kapal bocor. Jadi mereka ke darat lagi sampai di wilayah Batu Bara diinapkan sementara di rumah warga,” kata Kapolsek Labuhan Ruku AKP Jagani Sijabat saat dimintai konfirmasi wartawan, Sabtu (5/3/2022).

Setelah didata, ada total 34 orang yang diamankan, terdiri atas 26 orang pria, 7 orang wanita, dan 1 orang anak laki-laki.

“Dari rumah itu langsung kita amankan ke Polsek, didata. Mereka berasal dari berbagai daerah, ada Lombok, Aceh, Bengkulu, Medan, dan Asahan,” ujarnya.

Kini seluruh PMI ilegal yang diamankan itu berada di Polres Batu Bara untuk pendataan lebih lanjut, pembinaan, serta rencana pemulangan ke daerah asal.

“Baru 34 orang ini yang diamankan. Masih proses pengembangan, pemilik rumah kita mintai keterangan,” jelas Kapolsek.(dtc)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.