Penjualan Tenaga Listrik di Sumut Naik 3,5 persen di Bulan April 2022 ,Sinyal Positif Pemulihan Ekonomi

banner 468x60

Suasana terang benderang di kota Medan sebagai pertanda sinyal positif pemulihan ekonomi nasional khusus di Sumatera Utara.  (Foto dok /Humas PLN).

hariancentral.com | Medan – PLN UIW Sumatera Utara mencatat konsumsi pemakaian tenaga listrik masyarakat di Wilayah Sumatera Utara meningkat. Hal ini terbukti pada bulan April 2022, konsumsi listrik di Sumatera Utara tumbuh 3,5 persen atau sebesar 34 MWh (berdasarkan laporan penjualan tenaga listrik April 2022) bila dibandingkan Januari 2022. Beban puncak tertinggi sepanjang Januari hingga April 2022, terjadi pada Maret 2022 yakni 1.950 MW.

Bacaan Lainnya
banner 300250

General Manager PLN UIW Sumatera Utara, Pandapotan Manurung, dalam siaran pers disampaikan Senior Manager Komunikasi, Keuangan dan Umum PLN UIW Sumut Haris Jhon Horas kepada wartawan di Medan, Sabtu (14/5/2022) mengatakan kenaikan konsumsi listrik ini menjadi sinyal positif pemulihan ekonomi nasional khususnya di Sumatera Utara. Pertumbuhan itu merupakan total dari rata-rata pertumbuhan per segmen tarif. Seperti segmen tarif rumah tangga yang tumbuh 4,4 persen, segmen tarif industri naik 2,38 persen dan segmen tarif bisnis naik 1,96 persen.

“Kenaikan pemakaian listrik ini menjadi sinyal bahwa perekonomian Sumatera Utara telah pulih kembali. Aktivitas masyarakat telah kembali normal, sehingga mendorong konsumsi listrik terutama di sektor industri dan sektor bisnis,” kata Pandapotan.

Sejumlah upaya dilakukan PLN UIW Sumatera Utara demi meningkatkan pemanfaatan listrik khususnya pada sektor industri, salah satunya melalui captive power acquisition yaitu mengakuisisi pembangkit berbahan bakar fosil milik pelanggan dengan beralih ke listrik yang dihasilkan PLN. Hal ini bertujuan agar mengurangi konsumsi bahan bakar fosil sehingga pelanggan (industri dan bisnis) dapat menghemat biaya produksi.

PLN UIW Sumatera Utara berupaya meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Sektor-sektor yang mendukung perekonomian seperti pertanian, perkebunan dan perikanan, serta kelautan menjadi sasaran utama dalam meningkatkan penjualan tenaga listrik di Sumatera Utara yaitu melalui program electrifying agriculture dan electrifying marine.

Dengan meningkatnya konsumsi pemakaian tenaga listrik ini, perekonomian di Sumatera Utara tumbuh 3,90 persen secara year on year pada kuartal pertama 2022 sejalan dengan membaiknya ekonomi nasional (sumber : BPS Sumatera Utara). Hal ini menjadikan Sumatera Utara berkontribusi sebesar 22,92 persen dalam pertumbuhan perekonimian di Pulau Sumatera.

Tak hanya itu, PLN UIW Sumatera Utara juga mengkampanyekan gaya hidup baru berupa electrifying lifestyle melalui penggunaan kompor induksi dan kendaraan listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan. Selain itu, PLN UIW Sumatera Utara terus mensosialisasikan program diskon biaya tambah daya dan kemudahan mengakses layanan PLN melalui aplikasi PLN Mobile.

Menurut Pandapotan, pelanggan bisa menikmati berbagai fasilitas layanan melalui aplikasi PLN Mobile. Setelah diluncurkan pada 18 Desember 2020 lalu, terdapat 1.872.921 pelanggan yang sudah terdaftar di aplikasi PLN Mobile dengan tingkat kepuasan mencapai 4,8 dari skala 5.(iin)

 

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.