Mahkamah Agung Kabulkan Kasasi Jaksa Pada Perkara Mandalasah Turnip

(Tangkapan layar Informasi Perkara Mahkamah Agung terkait data Putusan Perkara Penipuan atas nama termohon Ir. Mandalasah Turnip)
banner 468x60

hariancentral.com | Mahkamah Agung Kabulkan Kasasi Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara Pada Perkara Penipuan Ir. Mandalasah Turnip.

Simpang siur terhadap perkara ini yang sempat mandek di pengadilan Negeri kini telah selesai, ungkap korban kepada wartawan.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

“Perkara ini yang mana sebelum nya terdakwa Ir. Mandalasah Turnip diputus lepas dari segala Tuntutan hukum(ontslag van rechts-vervolging) pada tingkat banding di Pengadilan Tinggi Medan, dan lanjut bergulir pada tingkat Kasasi di Mahkamah Agung”, sebutnya.

Korban menambahkan, “Namun  pada tingkat pertama di Pengadilan Negeri Medan, Ir. Mandalasah Turnip di vonis pidana penjara selama 2 tahun, dalam putusan tersebut menyatakan terdakwa Ir. Mandalasah Turnip terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan sebagaimana dalam dakwaan pertama  melanggar pasal 378 KUH Pidana”.

“Akan tetapi pada faktanya  terhadap Ir. Mandalasah Turnip tidak dilakukan penahanan atas putusan tersebut, bahkan sempat menjadi perbincangan masyarakat banyak kala itu karena setelah putusan tersebut tampak foto Ir. Mandalasah Turnip sedang menaiki kapal di seputaran danau toba, dan sempat di komentari keras oleh direktur ILAJ Fawer Full Fander Sihite pada laman Facebook Institute Law and Justice”, tandasnya.

Sumber : Laman Facebook Institute Law and Justice.
Sumber : Laman Facebook Institute Law and Justice.

Menurut data yang diterima hariancentral.com, putusan perkara tersebut dibacakan digelaran sidang pada hari rabu tanggal 27 april 2022 kemarin, yang dilaksanakan di Gedung Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Dengan diadili oleh 3 hakim yakni Hakim Agung Soesilo, SH.,MH selaku Hakim P1, Hakim Agung Suharto S.H.,M.Hum Selaku Hakim P2, dan Hakim Agung Dr. H. Suhadi, S.H.,MH selaku Hakim P3, dan selaku Panitera Pengganti yakni Maruli Tumpal Sirait SH.,MH.

Putusan ini tercatat dengan Nomor Register perkara MA : 454 K/Pid/2022.(tim)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.