Sesak Napas Ida Dicover JKN KIS

banner 468x60
SHARE saja GRATIS kok

Tanjungbalai,  – Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) berperan penting dalam menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Berbagai pelayanan kesehatan bisa didapatkan peserta di seluruh wilayah Indonesia. Salah satu peserta yang merasakan manfaat positif kehadiran Program JKN-KIS tersebut adalah Ida Tiurma (60). Ditemui ketika mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai pada Kamis (22/04), saat melihat status kepesertaan keluarganya, Ida bersedia membagikan ceritanya kepada tim Jamkesnews.

Ida bercerita bahwa pada Desember 2020 lalu saat Ida dan keluarga pergi keluar kota, sang suami mengalami sesak napas.

“Waktu itu cucu saya lahir, akhirnya kami berangkat dan ketika makan siang di Kota Tangerang, suami saya turun tangga dan tiba-tiba merasakan sesak napas mendadak,” ungkap warga Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjungbalai tersebut.

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Seketika sang suamipun dilarikan ke rumah sakit terdekat dan dinyatakan mengalami penyumbatan jantung.

“Setelah masuk dari UGD, suami saya dicheck up semua. Ketika keluar hasilnya, ternyata ganguan irama jantung plus ada dua penyumbatan pembuluh darah jantung, yang satu sebesar 80% yang satu lagi 100%. Kami khawatir karena tidak pernah ada riwayat jantung sebelumnya namun kata dokter harus pasang ring jantung. Akhirnya kami setuju untuk operasi pemasangan ring jantung yang sudah tersumbat 100% itu dan katanya yang tersumbat 80% bisa dioperasi. Setelah operasi alhamdulillah sekarang suami saya sudah sehat. Insha Allah bisa berangkat haji tahun ini, setelah itu baru kontrol ulang lagi karena wajib 6 bulan setelah operasi,” tutur Ida.

Ibu lima anak tersebut pun beryukur atas pelayanan kesehatan yang didapat suaminya yang merupakan pensiunan pegawai Pemerintah Kota Tanjungbalai tersebut.

“Alhamdulillah pelayanannya sangat baik disana. Pelayanan dari tenaga kesehatannya sampai fasilitasnya pun bagus. Kami juga tidak dikenakan biaya sama sekali kok mulai dari check up, operasi, rawat inap 3 hari sampai obatnya pun kami gak bayar,” imbuh Ida.

Ida lantas mengapresiasi kemudahan menjadi peserta JKN-KIS untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

“Ternyata mudah ya, walaupun kita dari Tanjungbalai, BPJS juga bisa digunakan diluar kota. Memang sangat perlu (red: JKN-KIS) ini untuk jaga-jaga. Saya sendiri sudah pernah pakai untuk cabut gigi dan ambil kacamata, semua mudah sekali urusannya. Mungkin banyak orang yang bilang negatif, tapi kami alhamdulillah lancar-lancar saja,” tutup Ida. (Put)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60