Jalani Operasi Caesar, Fatmawati Rasakan Manfaat JKN KIS

banner 468x60
SHARE saja GRATIS kok

hariancentral.com | Tanjungbalai :  Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satu masyarakat yang merasakan manfaat tersebut adalah Fatmawati Marpaung (39), salah satu peserta Program JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) asal Kota Tanjungbalai.

Ditemui di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Tanjung Balai saat mengecek kepesertaan JKN-KIS milik sang ayah pada Jumat (07/01), Fatmawati bersedia membagikan ceritanya.

“Bulan November 2014 lalu saya menggunakan ini JKN-KIS untuk melahirkan anak kedua saya melalui operasi caesar. Awalnya saya mau lahiran secara normal. Tapi ternyata dokter bilang tidak bisa melahirkan normal karena jaraknya hanya 1,5 tahun dari anak pertama yang sudah operasi caesar sebelumnya. Akhirnya dari Puskesmas, saya dirujuk ke RSUD Dr. Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai untuk operasi caesar,” ungkap guru honorer di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tersebut.

Ketika proses melahirkan anak keduanya, Fatmawati juga menjalani operasi caesar dengan tetap memanfaatkan Program JKN-KIS miliknya.

“Anak pertama juga lahir dengan operasi caesar tanggal tujuh Juli 2020 lalu. Saya pikir sudah bisa lahiran normal karena jaraknya sudah sekitar 8 tahun dari anak kedua namun kata dokter saya tetap tidak bisa melahirkan secara normal,” tutur Fatmawati.

”Alhamdulillah pelayanan yang saya dapatkan bagus walaupun saya peserta PBI. Masuk rumah sakit juga mudah. Saya dirawat inap selama empat hari, setelah itu saya tinggal kontrol luka jahitan saja,” imbuh warga Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sei Tualang Raso, Kota Tanjungbalai ini.

Fatmawati bersyukur karena tidak pernah dipungut biaya apapun saat memanfaatkan Program JKN-KIS untuk memperoleh pelayanan kesehatan, khususnya ketika dirinya melakukan proses melahirkan kedua anaknya tersebut.

“Selain pelayanannya yang bagus, alhamdulillah kami juga tidak dipungut biaya apapun baik di Puskesmas, bidan, maupun di rumah sakit. Mulai dari operasi, obat-obatan sampai kontrol ulang setelah operasi semuanya gratis. Terima kasih banyak karena ada Program JKN-KIS ini. Karena, bukan biaya yang murah untuk operasi caesar apalagi dua kali,” ungkap Fatmawati. (Put)

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60